Gula Gula

Gula adalah bentuk dari karbohidrat, jenis gula yang paling sering digunakan adalah kristal sukrosa padat. Gula digunakan untuk merubah rasa dan keadaan makanan atau minuman. Gula sederhana seperti glukosa (yang diproduksi dari sukrosa dengan enzim atau hidrolisis asam) menyimpan energi yang akan digunakan oleh sel. Waduh pagi pagi dinda udah ngomongin soal GULA? Kenapa sih? Karna dinda manis kali ye? Eh..ngarang, bukan gitu, tapi kemaren di harian umum berita pagi tanggal 18 februari 2009, ada tulisan yang berjudul’SUMSEL KRISIS GULA” ehmmmm…apakah ini benar?, makanya dinda pengen berbagi informasi dengan teman dangdut, gimana ya kondisi pasokan gula di warung, atau pasar sekitar teman dangdut tinggal? Dan gimana cara menghemat pemakaian gula? Nah…seperti biasa teman dangut boleh bergabung lewat sms di 0811781067 dan juga on line untuk 3 penelpon yang ngin berkomentar. Sekedar menyepadankan moment tema gula, dinda coba kemas dapur dangdut dengan semua informasi tentang gula, mulai dari informasi kesehatan_gula penyebab diabetes dan kegemukan, kemudian informasi seputar wanita_gula plus madu dan susu untuk lulur kecantikan tubuh, dan special resep masakan yang ada di dapur dangdut setiap hari kamis, dinda siapkan Puding Sirsak. Ehmmmmmm,,,dapur dangdut yang manis kan? semanis GULA GULA nya elvie sukaesih yang dinda jadikan lagu dangdut asyik pembuka dapur dangdut edisi 19 februari 2009. Cerita punya cerita 2 jam dinda habiskan dengan sangat manis bersama teman dangdut, yang ternyata 80% dari sms yang masuk, sejauh ini menyatakan belom susah untuk mencari yang namanya gula, tapi memang harganya melambung, dari biasanya Rp6000/kg sekarang menjadi Rp8000/kg.ck.ck.ck….jangan sampe ya kita kekurangan gula. Menurut temen dangdut yang namanya ayok hartoyo di jaulr 16, di jalur gula masih biasa, gak sulit untk dibeli .kalo urusan menghemat gula ya mengurangi porsi yg biasa kt berikn pd hidangan, wah boleh juga tipsnya ya. Terus lastri km 10 juga sama , gula msh ada dan gak susah di cari, untuk menghemat gula pake secukup nya jgn terlalu, bila perlu gak usah pake gula. Waduh???????? Gawat ni, bisa bisa kita minum teh pait atau malah kopi pahit? Ihhhhhh……ada lagi ni menurut 4950(tudak mencantumkan nama), stok gula di palembang itu banyak, hanya bagi spikulan, barang disimpan dlm gudang, agar harga tinggi dipasaran, wah masak iya sih? Kok malah simpang siur gini ya? Daripada bingung dinda coba menghubungi ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Bapak Taufik Husni. Ternyata menurut pak taufik, sumsel ini bukan krisis gula, tapi sedang kekurangan pasokan gula, sebagai akibat dari kurangnya pasokan gula dari pabrik cinta manis, penyebabnya lantaran masa panen tebu belum tiba. Kemungkinan, mereka baru bisa memasok lagi pada Mei hingga Oktober mendatang. Tapi pak husni menjamin ketersediaan stok di pasaran, sekalipun harganya naik. Dan YLKI bekerjasama dengan dinas Perindustrian dan Perdagangan(Disperindag) terus berupaya melakukan pengawasan atau monitoring untyk gula masuk atau gula import sekalipun di pasaran, agar harga gula tidak terlalu melonjak. Satu hal yang menjadi perhatian dari pak husni untuk jajanan anak anak sekolah, takutnya saat harga gula tinggi, para penjual akan menggunakan pemanis buatan. Uhhhhhhhh……gawat nihh. Kalo urusan ini tampaknya YLKI harus menggandeng badan Pengawasan Obat dan Makanan( POM), ya kan? Uhhhhh…lumayan lega, ternyata tidak ada krisis gula, tetapi hanya kekurangan stock gula? Ya,,,,mudah-mudahan ini tidak lama, dan palembang masih bisa mnikmati gula sebnayak yang dibutuhkan. (Dinda Aye)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: