Sekolah Gratis…..Mau Donk

Sekolah pastilah impian setiap individu kalau bisa hingga ke jenjang yang lebih tinggi. Tapi mungkin itu berlaku untuk mereka yang mempunyai dana, tapi bila tidak punya dana? Tentu saja mereka terkadang memilih untuk tidak melanjutkan sekolah alias putus sekolah tapi taukah teman dangdut, bila kemarin Ir H Alex Noerdin menjelaskan bagi masyarakat Sumsel pendidikan murah dan gratis bukanlah sebuah impian, namun merupakan sebuah kenyataan. Sekolah gratis bagi seluruh siswa di Sumsel mulai dari SD-SMA, baik negeri atau swasta, pada 25 Maret 2009 telah diluncurkan artinya resmi dapat dinikmati oleh semua masyarakat sumatera selatan.1183202_pakaiansekolah

Alokasi anggaran yang diperuntukkan guna menggelar program ini telah tersedia. Bahkan saat ini Perda tentang Program Sekolah Gratis tengah digodog oleh DPRD Provinsi Sumsel. Sekolah gratis ini berlaku sama pada tingkat SD, SMP, SMA dan sederajat, baik negeri maupun swasta. Waw.. ini tentu saja sangat ditunggu tunggu oleh segenap lapisan masyarakat sumatera selatan, tapi ada tapinya ni, sejauh mana sih teman dangdut mengetahui tentang sekolah gratis? Jawabannya coba dinda cari di Dapur dangdut hari kamis 26 maret 2009’ seperti biasa line sms dan telpon dinda buka, untuk teman dangdut yang mau berbagi opini tentang sekolah gratis di 0811781067, Lekno yang merupakan teman dangdut dari sejagung yang pertama mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan dan yg k 2 kepada bapak gubernur yg telah memrogramkan sekolah gratis berobat gratis syukur2 kawin gratis, uhhhhhhhhh maunya!!! Betaria di semuntul,katanya di daerahnya sudah ada sekolah.gratis.buku.gratis.spp.gratis..wah…berarti udah duluan ya? Juga ada dian dipakjo yang mendefinisikan skolah grtis itu adlh bebas bìaya spp dan uang pembangunan, wah pinter! Ada juga cimut.di pankalan balai, yang baginya pribadi dia tau smuany serba gratis dan otomatis dia senang banget biar nggak ada lagi masyarakat sumsel yg buta hurup. Amin. Begitu juga dengan sita di pedu oki yang merasa seneng banget,karna dengan sekolah gratis tanggung jawab orang tua pun jd ringan. Sama juga dengan nurul ain jlr 8 yang seneng banget telah resminya sekolah gratis, jadi penegn sekolah lagi gitu (hi..hi..hi). Kalo tin di batun lebih oke nik, nggak Cuma tau soal seolah gratis, dia juga tau tempat pengambilan Formulir nya grratis disenggol, wihhhhhhh…..terakhir dinda ambil sms nya mb ida celuller yang katanya bingung juga kalo Cuma spp yang gak bayar, karna yang mahal itu buku juga, Oooo…jadi mb ida atau teman dangdut yang lainnya masih bingung ya gimana teknisnya sekolah gratis? Tenang ya, dinda coba menghubungi Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, pak Ade Karyana. Tapi berhubung beliau sedang bersama pak gubernur sumsel, dinda mencoba menghubungi Pak Syaiful Islam yang merupakan anggota Dewan wakil ketua Komisi IV DPRD SUMSEL,dan juga ketua panitia khusus untuk perda sekolah gratis’, Pak Syaiful Islam , menurut beliau DPRD SUMSEL sudah mngetuk palu untuk pemberlakuan PERATURAN DAERAH atau PERDA NO 03 tahun 2009 tentang Sekolah gratis. Menurutnya yang dimaksud dengan sekolah gratis adala biaya biaya yang biasanya dibayarkan orang tua murid ini diambil alih alih oleh pemerinta alias gratis. Apa saja itu adalah: Uang pendaftaran, SPP, atau iuran komite.Sdangkan buku paket juga disediakan. Darimana sajakah dana nya untuk sekolah gratis ini? Menurut pak syaiful islam, sumber dana untuk sekolah gratis di sumsel berasal dari 3 sumber: 1. Dana APBN 2. Dana APBD provinsi 3. Dana APBD kota/provinsi Jadi Sekolah Gratis ini sebenarnya perpaduan program nasional dan Pemprov Sumsel. Sehingga, pendanaannya pun ada sharing pusat, APBD provinsi dan APBD kabupaten/kota. “Untuk sharing tingkat SD Rp10 ribu per siswa per bulan, SMP Rp15 ribu dan SMA Rp80 ribu. Sedangkan SMK Rp90 ribu. Karena mereka ‘kan tidak dapat BOS,” Sementara untuk buku sebetulnya sudah dimulai dari tahun 2008 lalu. Salah satunya, lewat dana BOS buku. Soal pengelolaan dana Sekolah Gratis ini akan diserahkan kepada tim manajemen program Sekolah Gratis. “Tim ini sama dengan tim pengelolaan dana BOS. Hanya saja rekeningnya beda,” Dana tersebut, akan ditransfer ke rekening masing-masing sekolah sebelum program ini dimulai pada tahun ajaran baru bulan Juli 2009. Jumlah dana yang ditransfer disesuaikan dengan jumlah siswa di sekolah tersebut. “Mengacu pada program BOS, dananya kemungkinan akan ditransfer tiap tiga bulan,” Nah gimana teman dangdut, sedah mulai tahu kan mengenai ‘SEKOLAH GRATIS”(Dinda Aye)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: