SECRET ADMIRER

Oh, secret admirer
When you’re around the autumn feels like summer
How come you’re always messing up the weather?
Just like you do to me..
… tentang seorang anak muda yang jatuh cinta dengan sebuah bintang. Dia berdiri dekat laut, diulurkannya tangannya dan berdoa pada bintang tersebut, memimpikan bintang itu, dan mengarahkan semua pikirannya pada bintang itu. Tetapi dia tahu, atau merasa tahu, bahwa sebuah bintang tidak dapat dikuasai oleh manusia. Dia menganggap takdirnya adalah untuk mencintai benda yang sangat menyenangkan tanpa harapan untuk memilikinya …
(kutipan novel Demian: The Story of Emil Sinclair’s Youth; karya Hermann Hesse (1877-1962), pemenang hadiah Nobel Sastra 1946)
Ada yang beranggapan jadi secret admirer termasuk orang pengecut yang gak berani ngungkapin perasaan, egois gak mau berbagi perasaan. Apapun itu yang jelas haknya mereka masing-masing, toh mereka punya alasan, lagi pula yang namanya mengagumi seseorang tak selamanya berujung jatuh cinta kan?. secret admirer; dengan demikian bisa diartikan sebagai seorang pengagum, penggemar atau pemuja terhadap sesuatu namun secara rahasia, secara diam-diam tanpa diketahui atau ingin diketahui orang lain. Sesuatu ini bisa dalam macam-macam bentuk, seperti barang, lokasi tempat, situasi dan lain-lain, sampai pada konotasi yang paling umum yaitu terhadap lawan jenis, tanpa harus melihat batasan umur, status, etika dan lain sebagainya. Mengapa harus secara rahasia? Tentunya dengan berbagai ragam alasan, misalnya seperti ada perasaan malu, menunggu saat yang dirasa tepat untuk mengungkapkan, sesuatu tersebut sudah menjadi milik orang lain atau seperti kutipan novel Hesse diatas, ada kesadaran bahwa sesuatu yang dikagumi tersebut hanya bisa diimpikan tanpa dapat dikuasai, dll.
Jika kita putar kembali masa kehidupan kita dimasa lalu, mungkin semua orang pernah mengalami atau berada pada situasi perasaan seperti itu. Semisal kalo gue pribadi harus membuat daftar, rasanya nggak akan cukup cuma 1 lembar kertas buat nulis siapa-siapa saja orang yang pernah gue kagumi, secara diam-diam selama rentang hidup gue. Mulai dari tetangga, teman di TK, adik kelas dan kakak kelas di SD, teman SMP, temen SMU, guru sekolah, ortu teman, artis yang cuma bisa dilihat di majalah dan TV dan lain-lain, termasuk sampe ke anaknya penjual jajanan di kantin sekolah dan pembantu rumah tangga sebelah rumah.
Tapi sebenarnya, menjadi secret admirer artinya bahwa itu tak pernah serius. Itu hanya permainan perasaan belaka. Perasaan itu boleh dikendalikan oleh hati. Namun keseriusan dikendalikan oleh logika otak. Cinta mungkin memang buta, tapi keseriusan itu tidak. Jika kamu memang serius dengan cintamu, secret admirer adalah tindakan yang pengecut. Jika kamu serius dan siap memegang komitmen, maka berilah kesempatan dia untuk tahu perasaanmu. Berilah kesempatan dia untuk juga mencintai dan memilikimu. Tapi kamu juga harus memberi kesempatan dia untuk mendepak kepalamu ketika kau berlutut memohon cintanya. Dan ditolak dengan cara itu bukanlah suatu kekalahan. Harga diri tak pernah berkurang sedikitpun karena kamu telah membuktikan bahwa kamu jantan dan tanggung jawab. Tanggung jawab terhadap perasaanmu ke dia. Jauh lebih jantan daripada perbuatan seorang pengecut yang menyembunyikan diri, tak berani bilang sayang karena takut harga dirinya jatuh. Jadi, nyatakanlah cintamu sekarang, sebelum dia diambil orang…( ALI )
blog3

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: