PELAMPIASAN KEMARAHAN

angry_rgb1Rasa kesal yang menumpuk, tanpa sarana menyalurkannya seringkali membuat emosi seseorang tak terkendali. Akibatnya tidak hanya bisa membuat orang di sekitar terkena dampak, diri sendiri pun juga sering menjadi sasaran.

Kata orang, marah itu tidak baik, tetapi kira-kira perlu nggak sih marah-marah ?
Q: Kakak-kakak, marah itu apa sih?, jenis makanan apa lagi itu?
Marah adalah respon yang timbul akibat meledak-ledaknya emosi jiwa di karenakan perasaan tidak senang akan sesuatu yang di nilai dapat merugikan dirinya. Perasaan marah tidak serta merta merupakan respon terhadap seseorang yang menyakiti kita, tetapi juga sebagai wujud tidak senang jika seseorang di perlakukan buruk dan akhirya timbullah istilah empati.

Marah juga terdapat dalam dua jenis, yaitu pasif dan agresif. Kemarahan pasif biasanya selalu menghindar dari terjadinya konflik, sedangkan tindakan agresif selalu di ekspresikan kearah kekerasan, seperti membanting benda, memukul dan lain-lain.

Trus, apa efeknya pada kita? Marah juga dapat di asumsikan dengan menahan pipis yang terlalu mendesak, bayangkan saja jika pipis di tahan-tahan maka akan memberikan dampak yang tidak baik, mulai dari kesehatan sampai jiwa. Bayangkan saja jika sudah kebelet pipis yang tidak tertahankan lagi dan ahhhhhhhh……………. pipis juga akhirnya, pasti sangat lega sekali kan, begitu juga dengan marah. jadi marah juga perlu pelampiasan.

Untuk menghindari konflik yang dapat menyebabkan kehilangan teman ataupun nyawa seseorang lebih baik kita menghindarkan konflik yang bersifat Agresif Risk, saya lebih menyarankan ke arah safe Agresif ataupun pasif. Untuk anak – anak muda biasanya membanting pintu dan mengunci diri didalam kamar adalah pelampiasan kemarahan yang sangat tepat, karena juga biasanya sambil menangis atau merenungi apa yang salah. Sedangkan untuk bapak-bapak biasanya tidak berkomplain tetapi mogok bersuara, dan terakhir untuk para ibu-ibu biasanya membanting piring, ataupun mengusir seseorang dari rumah, itulah yang dinamakan dengan Mom Power( emak punya kekuatan )

Seandainya anda menanyakan kepada siapa dan apa pelampiasan saya ketika marah…?
maka saya akan menjawab, andalah yang akan saya persalahkan…he…he..he...( ALi )

    • devil
    • September 8th, 2009

    go to hell

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: