Tegas mendisiplinkan anak

Pernahkan melihat seorang anak yang bertengkar dengan orangtuanya ? Apakah ini kesalahan anak? Mungkin iya, atau mungkin juga tidak. Karena sifat anak juga tidak lepas dari peran orang tua. Memberikan pendidikan kepada anak sudah menjadi tanggung jawab orang tua, dengan menyekolahkannya di sekolah yang baik. Tapi bukan sebatas menyekolahkan saja, lalu orang tua lepas tangan begitu saja terhadap pendidikan anak. Perlu kerjasana yang baik antara pihak sekolah dengan orang tua, karena ini adalah kunci keberhasilan pendidikan. Tapi terkadang, keberhasilan pendidikan terbentur pada masalah kedisiplinan.

Mendisiplinkan anak tidak semata mata hanya sekedar memarahi saja, karena dengan begitu si anak malah justru merasa tidak disayangi oleh orang tuanya, tapi kalo terlalu lembut, si anak juga akan manja. Serba salah kan….!!!

Dari sekian banyak sms teman dangdut yang bergabung di dapur dangdut, banyak yang menyatakan bahwa ketegasan itu mutlak dibutuhkan. Cek mar di talang kelapa bahkan mengatakan, ketegasan yang bersifat ancaman selalu manjur dijadikan senjata mendisiplinkan anak. Sama dengan kang Papar di jalur 17, yang mengatakan bahwa bertindak tegas kepada anak akan membuat si anak lebih mengerti akan arti tanggung jawab, karena dengan tegas kita bisa memberikan hukuman kalau si anak bersalah. Itu akan membuat dia jera.

Dari banyaknya sms yang masuk bisa disimpulkan kalau mendisiplinkan anak tidak semata mata dengan kekerasan, bahkan orang tua juga harus mengetahui kondisi dari kesalahan anak sehingga orang tua tidak akan salah mengambil langkah. ( Ranie)

    • fans_RD_TPI
    • Juli 10th, 2009

    Betul bngeeetz.., pkknya jngan trllu krs mrh sma ank yg mlkkan kslahan.., krna dia akn jdi pnkut, tk prcya dri, ska mnyndri n mngrung dri di kmar..,

    orng tua hrus mmberi kprcyaan pda ank.. Tpi si ank hrus ttp di prhtkan oleh orng tua.. Dri prgaulannya n kgiatannya, agr tk mlngkh ke jlan yg slah.. (tpi ga’hrus jdi ekor_nya ank.. Hee.. ^_^)

    • ranie
    • Juli 11th, 2009

    @SR4Y4LWAT : walaikum salam, terimakasih atas kunjungannya
    @ fans rdtpi : tul banget.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: