Bayar zakat dengan uang atau barang

Biasanya dapur dangdut hadir diruang dengar teman dangdut dari jam 09.00-11.00, tapi kali ini hadir 1 jam saja, dari 09.00-10.00 karena dari jam 10.00-11.00 kita akan mengadakan talkshow bersama narasumber dari DSIM. Ini memang waktu tersingkat yang pernah saya bawakan dengan membawakan sebuah tema, namun dengan waktu yang sesingkat itu tidak menghalangi niat saya untuk membawakan acara ini.

C@k3p(1404)

Memang kita baru melaksanakan puasa selama 5 hari, dan perjuangan kita untuk menempuh hari raya masih sekitar 25 hari lagi, tapi tidak ada salahnya jika dari sekarang kita mulai berfikir untuk hal yang satu ini. Kira-kira teman dangdut mau membayar zakat, dengan menggunakan uang ataukah dengan barang, itu tema kita pada pagi hari Rabu 26 Agustus 2009, ada yang beranggapan bahwa lebih baik barang dan ada juga yang beranggapan bahwa uang aja deh, biar nggak ribet. Dan tema kita kali ini juga ada kaitannya dengan talkshow kita nanti, karena talkshow kita sedikit menyinggung tentang zakat, namun disini dari DSIM menjelaskan Program Ramadhannya yaitu Kurma (Kuraih Ridho Menjelang Berbuka), dengan Rp 15.000 berarti teman dangdut telah memberikan paket berbuka bagi anak yatim dan kaum dhuafa. Serta KENANGAN (Kado Kemenangan Lebaran) dengan Rp 60.000 teman dangdut telah memberikan paket parcel lebaran bagi kaum dhuafa.

Dari sms teman dangdut, saya ambil sms yang dikirimkan oleh Mas Ridi Kalau saya berupa uang, karena lebaran orang yang kurang mampu yang diperlukan bukan beras aja.

Sedangkan dari line telp saya ambil dari pendapatnya syukron yang ada di sukamulya, menurut beliau zakat sebaiknya dibayar berupa barang yaitu beras, karena memang sebaiknya berupa beras.

Namun jika saya boleh berpendapat, saya lebih setuju dengan pendapatnya mas ridi, karena jika kita membayar zakat dengan menggunakan uang, kita tidak membatasi mereka untuk membeli kebutuhan mereka, karena jika mendekati hari raya, bukan hanya beras saja yang dibutuhkan, tapi mereka juga harus melengkapi kebutuhan-kebutuhan yang lain. Namun jika aturan dikeluarga saya bervariasi setiap tahunnya, jika tahun ini berupa uang, mungkin tahun depan bisa bergantian untuk zakat dengan barang, misalnya beras. Teman dangdut yang lain, kalau mau berzakat dengan menggunakan uang atau barang?(viana)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: