Kiat – kiat Agar Puasa Tetap Segar

Supaya Ibadah Puasa kita tetap lancar, segar, dan tetap bersemangat meski setumpuk pekerjaan yang kita lakukan, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dijalankan agar puasa kita berkah.

1. Niat Puasa

Motivasi yang kuat untuk berpuasa menyebabkan fisik kita siap untuk menghadapi sesuatu yang diakibatkan oleh puasa tersebut. Diketahui bahwa kadar asam lambung orang niat puasa lebih rendah dari orang yang kelaparan. Hal ini karena niat(motivasi) puasa menyebabkan penekanan pusat lapar di otak sehingga kita siap menahan lapar sampai kita berbuka.

2. Makan makanan yang bergizi

Selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi baik pada saat makan sahur atau berbuka puasa. Walau menu sederhana, yang penting mengandung lima unsur gizi lengkap seperti: protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral.

3. Tetap makan sahur

Makan sahur penting bagi kita untuk memperoleh cadangan energi dalam melakukan aktifitas keseharian. Bila tidak sahur seseorang akan mudah menjadi hypoglicemia dimana kadar gula dalam darah turun. Hal ini menyebabkan tubuh cepat menjadi lesu, loyo dan mengantuk bahkan mudah marah.

4. Upayakan unuk mencegah dehidrasi (kekurangan air) tubuh dengan banyak minum air putih pada malam hari. Hal ini penting dilakukan karena pada siang hari aktivitas kita cenderung banyak mengeluarkan keringat karena puasa kita tahun ini di musim panas.

5. Hindari makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung gula saat sahur.

Makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung gula akan memacu tubuh memproduksi insulin untuk segera menetralkan kadar gula dalam darah. Akibatnya rasa lapar akan cepat timbul dan badanpun menjadi cepat lemas dan lesu. Perbanyak makanan yang mengandung rotein tinggi dan makanan berserat karena protein dan makanan berserat akan diolah lebih lama dibandingkan jenis makanan lain.

6. Segera berbuka puasa pada waktunya.

– Pada saat berbuka awali makanan atau minuman hangat dan manis, seperti: kolak, setup, korma dan lain-lain tapi ingat jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung soda, karena dapat menimbulkan akibat buruk pada perut anda. Jangan langsung minum air dingn atau es, karena perut yang kosong bisa menjadi kembung, bila berbuka langsung minum air dingin.

– Kemudian beristirahatlah selama satu jam sebelum menyantap hidangan berbuka yang telah disediakan. Tujuannya untuk memberikan keseimbangan terlebih dahulu pada pencernaan kita . Ingat jangan mengkonsumsi makan berlebihan (QS7;31) dan makan asinan.

– Berbuka puasa hendaknya dilakukan secara bertahap dan jangan terburu-buru agar perut tidak kaget. Dengan demkian kerja lambung tidak terlampau berat. Untuk meringankan kerja pencernaan, kunyah makanan dengan baik.

– Perbanyak makan makanan beserat (sayuran dan buah) dan makanan yang mengandung protein, agar anda lebih mampu menahan rasa lapar karena tubuh lebih lama untuk mencerna makanan yang mengandung serat dan protein.

– Banyak makan makanan mengandung vitamin dan mineral. Vitamin yang penting dikonsumsi setiap hari adalah vitamin: A,B dan C. Banyak di dapatkan di buah berwarna kuning atau merah sayur berwarna hijau tua, kacang-kacangan. Tujuannya agar tubuh tetap segar bugar sepanjang hari. (rheyno)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: