Menghentikan Kebiasaan Buruk pada Anak

Anak-anak memang sering kali mempunyai keinginan yang susah diatur, namun selaku orang tua kita harus dapat mengontrol dan mendidik disiplin pada anak agar tidak merepotkan kita sendiri nantinya. Pertama-tama dalam mendidik anak yang baik adalah perlunya ditekankan teladan yang baik. Jangan langsung memarahi anak apabila anak mempunyai kebiasaan yang buruk. Karena itu akan menjadi contoh yang jelek bagi pemahaman anak. Tapi terkadang kita takut untuk mengambil keputusan dalam menghadapi prilaku anak yg buruk. Namun jika kita tidak tegas dalam mendidik anak maka mereka akan berlaku yg tidak-tidak, dengan melakukan hal-hal yg negatif.

Menurut sms dr ARIYANI&EVA “kerja sama dalam memberi contoh yg baik antara ibu & ayah juga guru,sangat penting untuk anak karena anak bersifat ingin tahu,banyak bertanya,juga suka meniru kegiatan sekitarnya jadi faktor lingkungn sangat berpengaruh bagi perkembangan anak & selalu berinisiatif untuk mengerjakan sesuatu: ajarkan anak untuk disiplin,ini melatih anak untuk bertanggung jawab,anak didorong supaya mau bergaul tapi tetap diawasi dengan baik,ia perlu pengalaman berkumpul bersama teman,saling berbagi & membantu karena anak belajar dari apa yg mereka alami.”

Jika dari penelpon saya ambil dari pendapatnya Ida Royani yg memberi pendapat bahwa membatasi pergaulan apalagi keluar malam baik anak laki-lai ataupun perempuan, boleh keluar malem tapi dibatasi hanya sampai jam 9 itu pn malam minggu.

Tapi kalau menurut narasumber kita yg bergerak dibidang psikolog anak bapak Adi Suharyono mengatakan bahwa kita sebagai orangtua harus memberikan pendidikan dan tauladan yg baik untuk mereka.

(VIANA)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: