“KETERKAITAN MUSLIM DENGAN ALAM LINGKUNGAN”

Assalamu’alaikum Wr.Wb …..

Terang bulan terang bercahaya Cahaya memancar ke Tanjung Jati ,Ta’lim  datang lagi dihari Jum’at Bersama karti di Radio Dangdut TPI

Pagi yang cukup dingin karena Palembang tadi malam diguyur hujan nich… tetapi tidak menyurutkan langkah kita untuk beraktifitas beribadah kepada Allah SWT.Dan Tema yang diangkat oleh Ust Rizal Yandhi ,SH yaitu masalah “Keterkaitan Muslim dengan Lingkungan Alam “ Ust Rizal menjelaskan bahwa  kita sebagai Muslim adalah Anak Semang dari Bumi dan Alam ini dan sebaliknya Bumi dan Alam adalah Induk semang kita dan kita sebagai Anak semang jangan sampai kita lupa diri ibarat Pepatah “Kacang Lupa Kulitnya “Jadi bagaimana cara kita  harus mampu berbuat baik dan menempatkan diri kita sesuai yang di Perintahkan Allah  terhadap Alam lingkungan  yang menjadi Induk Semang kita ,yang jelas sekali kita berasal dari Tanah ….

Di dalam Al Quran Surat Al A’raf (7) : 24-25

Allah berfirman: “Turunlah kamu sekalian, sebahagian kamu menjadi musuh bagi sebahagian yang lain. Dan kamu mempunyai tempat kediaman dan kesenangan [tempat mencari kehidupan] di muka bumi sampai waktu yang telah ditentukan”. (24) Allah berfirman: “Di bumi itu kamu hidup dan di bumi itu kamu mati, dan dari bumi itu [pula] kamu akan dibangkitkan.(25)

Fungsi Bumi ini bagi Muslim adalah ajang atau media untuk kita mencari Kehidupan,Kesenangan sampai batas waktu nya ,Bumi tempat kita mencari Nafkah  , dan tempat hidup dan Mati nya kita ,dan bagaimana cara kita menyikapi Alam sesuai Al Quran .

Ada Janji Alam  yang diungkap kan kepada Manusia Yaitu di dalam Al Qur’an yaitu:

1.Qs Al A’raf(7) : 96

“Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan [ayat-ayat Kami] itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya”.

2.Qs An Nahl(16) : 112

Dan Allah telah membuat suatu perumpamaan [dengan] sebuah negeri yang dahulunya aman lagi tenteram, rezkinya datang kepadanya melimpah ruah dari segenap tempat, tetapi [penduduk]nya mengingkari ni’mat-ni’mat Allah; karena itu Allah merasakan kepada mereka pakaian [1] kelaparan dan ketakutan, disebabkan apa yang selalu mereka perbuat.

3.Qs Al Maidah (5) : 66

Dan sekiranya mereka sungguh-sungguh menjalankan [hukum] Taurat, Injil dan [Al Qur’an] yang diturunkan kepada mereka dari Tuhannya, niscaya mereka akan mendapat makanan dari atas mereka dan dari bawah kaki mereka [1]. Di antara mereka ada golongan yang pertengahan[2]. Dan alangkah buruknya apa yang dikerjakan oleh kebanyakan mereka.

Jadi jelas  sekali ke 3 Ayat diatas  menerangkan bahwa Jikalau penduduk suatu negeri itu beriman dan bertaqwa kepada Allah ,akan diberikan keberkahan ,tetapi sebaliknya jika suatu negeri itu mengingkari atas nikmat yang Allah berikan maka akan dating kepada kita azab rasa kelaparan dan ketakutan dan apabila semua Aturan yang telah ditetapkan baik dari Taurat,Injil dan ALQuran justru Allah akan memberikan kita rezeki yang melimpah .

Nah …..saatnya sesi Tanya jawab dibuka di line telp 0711 430 707 ada yang bergabung Bang Abbullah dari Sukamulya Pangkalan balai kemudian Ibu Cikyam di Plaju dan Dedek di Air Batu  dan  dari line SMS banyak juga bertanya nich salah satu nya ada Komala di Pulau Rimau Banyuasin ,”saya mw tny apa hukumnya orang yg percaya dgn batu yg dianggap bertua dan percaya dgn jimat”Ust Rizal mengatakan bahwa Perbuatan seperti itu jelas-jelas menduakan atau mempersekutukan Allah SWT yang dosanya tak kan terampuni jika tidak segera ber Taubat.

Semoga kita semua termasuk orang-orang yang menempati Aturan Allah dan Al Qur’an serta Sunnah Rasul nya dan menjadi orang yang bisa menjaga Alam ini dengan baik agar kita mendapatkan Amalan untuk Tabungan Kita di Akhirat Kelak InsyaAllah……

(Karti )

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: