Uang Kembalian Pake Permen

“Maaf, ga ada uang kecil, kembaliannya permen aja ya”. Pernyataan seperti itu mungkin pernah Anda alami. Bukan hanya sekali dua kali , tapi sudah berulang kali. Biasanya pernyataan itu sering kita dengar di kasir mini market atau supermarket. Bahkan ada yang tidak menggunakan permintaan maaf dan tidak pake alasan “ga ada uang receh” tiba tiba kita langsung disodorkan struk belanja dan permen.

Meskipun sudah jelas bahwa pengembalian uang dengan menggunakan permen itu melanggar Undang Undang perlindungan konsumen, toh beberapa waktu lalu (awal 2010) saya masih mengalami hal itu. Lalu bagaimana dengan peringatan dari Departemen Perdagangan? Dan bagaimana dengan keberadaan uang receh yang katanya “sulit didapat”….?

Saya mungkin adalah salah satu konsumen yang merasa malu dan ga’ enak hati kalo mau komplain. Tapi dalam hati pasti menggerutu. Karena kalo menurut saya, ini adalah salah satu pemaksaan agar kita beli permen, padahal kita tidak menginginkannya (ya…walau Cuma sedikit😀 ). Bukan masalah nominal atau jumlah uangnya, tapi lebih kepada cara dari “si kasir” itu sendiri.

Merasa penasaran dengan komentar komentar konsumen yang lain (teman dangdut), saya membawa tema ini di acara Dapur Dangdut, Senin 15 February 2010. Dan benar saja, sebagian besar pendengar RDTPI bilang “terpaksa menerima dengan ikhlas uang kembalian dengan permen”. Tuh kannnn….artinya bukan hanya saya yang merasakan hal itu.

Nah, kalo sudah begini mau gimana lagi? Bisa ga’ kalo kondisinya dibalik ? Misal kita belanja Rp.30.200,00 èhmmmm… boleh ga’ kalo kita bayar 30 ribu, plus permen 2😉

Menurut Anda ?

(Ranie)

    • Ranie
    • Juli 19th, 2010

    @ Dyon > makasih🙂
    monggo silahkan ^_~

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: