Kehilangan 250 ribu atau pake HELM SNI ?

Penggunaan helm SNI sepertinya akhir akhir ini menjadi perbincangan yang hangat sekali dikalangan masyarakat. Tak terkecuali di Palembang, sudah mulai sering diadakan sosialisasi tentang keharusan menggunakan helm Standar Nasional Indonesia. Dan hari ini (Kamis, 22 April 2010) tepat jam 10 pagi Radio Dangdut TPI menghadirkan narasumber AKP ADE SUGANDA, IPDA YULI FARIDA ,  IPDA DESY ,SH,MH dan dari DIT LANTAS POLDA SUMSEL  untuk mengupas lebih dalam lagi tentang peraturan menggunakan helm SNI dan light on di siang hari.

Lalu bagaimana ciri ciri helm SNI tersebut ?

Secara umum, spesifikasi helm standart adalah lapisan luar yang keras , lapisan dalam tebal, lapisan lunak, pelindung mata, pelindung dagu dan pengikat dagu. Penggunaan helm SNI itu sendiri dimaksudkan untuk memberikan perlindungan secara lebih maksimal.

Lebih lanjut , AKP Ade Suganda menjelaskan keharusan menyalakan lampu di pagi , siang, sore dan malam hari. Menanggapi pernyataan tersebut, teman dangdut (Yantora di Sukadamai) memberikan pertanyaan kalau sejauh ini kebanyakan pengendara sepeda motor hanya menyalakan lampu sampai jam 9 pagi saja. Apakah nantinya hal ini akan diberikan tindakan pelanggaran ?

Menjawab pertanyaan tersebut, AKP ADE SUGANDA mengiyakan “Jika kita menemukan adanya pelanggaran pengguna sepeda motor tidak menyalakan lampu ada sanksi denda 100 ribu rupiah / 15 hari kurungan, kalo helm dendanya 250 ribu / ancaman sanksi kurungan 1 bulan”.

Lebih lanjut beliau mengharapkan supaya pengguna jalan dan aparat saling bekerjasama untuk menekan angka kecelakaan dengan kesadaran menggunakan helm standart nasional, menyalakan lampu, dan yang paling penting menghormati pengguna jalan lain.

Nah, sudah tau kan sanksinya apa ? Lalu Anda pilih apa ? Patuh, denda, atau kurungan ?

(Ranie)

  1. wah… kalo udah terlanjur beli helm yang bukan SNI gimana???

    kunjungi blog ku juga ya.
    http://monang245.wordpress.com/

    • Rdtpi Palembang
    • April 27th, 2010

    @Monang 21 > beli lagi aja…he he

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: