INDIKASI SHOUM (Puasa) Yang BERHASIL

02 September 2010

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Wuuuuuuuuuiiiiiih pagi ini terasa dingin banget karena semalam hujan ,dan Alhamdulillah Karti merasa cukup Fresh sekali meskipun dalam menjalankan Shoum dan tak kalah Freshnya Ust.Rizal Yandhi ,SH yang selalu setia menemani Karti diacara TA’LIM (Tanya Jawab Masalah Islam ) dari Jam 9 Pagi samapai dengan jam 11 siang .
Kalau kita fikir-fikir selama hampir satu bulan kita berpuasa dan hari ini memasuki hari ke 24 Ramadhan 1431H ,apakah kita sudah merasa berhasil dalam menjalan kan Shoum (Puasa) Kita???Yach kita mungkin masih banyak kekurangan dan masih jauh sekali dari yang namanya “BERHASIL “dalam menjalankan Shoum .Ustad Rizal mengatakan ada pun Faktor yang menentukan kita “BERHASIL dalam menjalankan Shoum “adalah :

1.Niat & Motivasi =>Qs Az Zumar (39):11-13
Katakanlah: “Sesungguhnya aku diperintahkan supaya Tunduk kpd Allah dengan memurnikan keta’atan kepada-Nya dalam [menjalankan] Addin. (11) Dan aku diperintahkan supaya menjadi orang yang pertama-tama berserah diri”. (12) Katakanlah: “Sesungguhnya aku takut akan siksaan hari yang besar jika aku durhaka kepada Rabb ku”.

2.Orientasi Hidup =>Qs Al Qhasas (28) : 77
Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu [kebahagiaan] negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari [keni’matan] duniawi dan berbuat baiklah [kepada orang lain] sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di [muka] bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. (77)

3.Sikap Terhadap Al Qur’an =>Qs Al Furqon (25):30
Berkatalah Rasul: “Ya Rabbku, sesungguhnya kaumku menjadikan Al Qur’an ini suatu yang tidak diacuhkan”. (30)
Jadi ,Jangan sampai kita menjadikan Al Qur’an sesuatu yang terabaikan jika kita masih saja tidak mau tunduk kepada Al Qur’an maka kita blm berhasil dalam menjalan kan Puasa kita .

4.Sosial Feeling /Perasaan Sosial kepada Masyarakat =>Qs At Taubah (9): 128
Sesungguhnya telah datang kepadamu seorang rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan [keimanan dan keselamatan] bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mu’min. (128)
Nah,disini kita dituntuk tuntuk peka terhadap Lingkungan sekitar kita terutama ada yang kurang mampu ,jangan terlalu menjadi orang yang cuek dengan lingkungan sekitar kita .

Mudah-mudahan kita termasuk orang yang BERHASIL dalam menjalankan Puasa kita di Bulan Ramadhan 1431 Hijriah ini……

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

(Karti)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: